Rabu, 15 Mei 2013

cara mempercantik blog menggunakan gadget / widget untuk blog

Apa itu Gadget? Gadget atau Widget di blogger adalah alat tambahan untuk menambahkan berbagai pernak pernik blog agar memperindah tampilan blog, dan membantu pengunjung dalam menemukan berbagai isi yang ada didalam suatu blog.

Jika blog itu ibaratkan sebagai rumah online, maka Gadget di blog seperti perabotnya.Kita bisa menambahkan perabot tersebut sesuai yang kita inginkan. Sebagi contoh kita bisa menambahkan profil , daftar isi blog, jam, kalender, gambar animasi, label/kategori, maupun iklan yang ingin ditampilkan.

Cara mempercantik blog dengan widget-gadget blogspot, blogger ini akan membuat tampilan blog sobat menjadi lebih indah. Dan menambahkan widget-gadget ke dalam sidebar, post, header maupun footer ini sangat mudah sekali walaupun anda masih newbi dalam dunia website/blogger. Di sinipun Terdapat banyak sekali pilihan untuk tampilan gadget di blogspot, karena sudah disediakan oleh blogger secara gratis, dan kita sebagai pengguna tinggal memakainya saja. namun ada juga yang dapat kita buat sendiri. Misalnya jika kita ingin membuat gadget blog dari javascript-html atau menampilkan film, musik, Video dari Youtube yang embedded dan lain-lain.

Dalam Tata Letak blogger sobat dapat dengan mudah menambahkan Widgets atau Gadget pada sidebar sobat (baik sisi kiri dan sisi kanan sesuai dengan desain template), header dan footer. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memulai menambahkan widget dan membuat blog sobat lebih interaktif.
 

Cara Menambahkan Gadget di Blogger:

Untuk menambahkan Gadget,yang harus sobat lakukan pertama harus masuk ke account blogger dulu. Sudah dijelaskan pada posting kemarin tutorial cara / langkah-langkah membuat BLOG lengkap.
pada Blogger Dashboard - Pilih Blog sobat yang sobat ingin tambahkan widget - Pilih Tata Letak.

Tata Letak

Di sisi kiri, sisi kanan (sesuai dengan desain template sobat) dan bawah sobat akan melihat Tambahkan Gadget. Klik Tambah Gadget dan Anda akan diarahkan ke bagian Gadget dari blogger.
Tata Letak Blogger

Ada ribuan Gadget yang telah disediakan oleh blogger, seperti Kotak Pencarian, Entri populer Adsense, Pengikut, Blog Archive, slider, gambar dan banyak lagi. Silahkan anda pilih sesuai selera sobat
Cara Menambahkan Gadget Pada Tata Letak Blogger

Pilih Gadget sesuai pilihan sobat dan mengubah pengaturan yang sesuai. Sekarang klik pada Simpan dan Gadget ini akan muncul di daerah tata letak blog sobat.

Cara Mengatur Tata Letak Gadget di Blogger:
Sobat dapat mengatur Gadget hanya dengan menarik (drag ketempat yang anda inginkan). Jika sudah Simpan pengaturan. Atau sobat juga dapat melakukan pratinjau dengan mengklik Pratinjau yaitu untuk melihat tampilan yang sudah sobat ubah/atur sesuai tata letak yang sobat inginkan sebelum menyimpan. Buka blog sobat untuk melihat Gadget yang telah ditambahkan.

Untuk menambahkan gadget yang dengan kode HTML Java Script, sobat dapat melakukannya dengan memilih HTML Java Script pada gadget yang ingin sobat tambahkan, Lalu masukkan kode HTML Java Scriptnya, beri judul bila ingin memberinya judul, lalu klik Simpan.


Tips Mempercantik Blog


1. Gunakanlah template yang sederhana namun elegan, buatlah template blog sobat sesuai dengan thema yang relevan dari isi blog sobat. ( silahkan download template gratis disini!!)
2. Gunakanlah warna yang tidak mencolok mata untuk background template sobat . Sebaiknya gunakan background berwarna putih saja.
3. Tambahkan beberapa widget yang fungsinya mempermudah pengunjung untuk melihat apa yang ada didalam blog sobat . Seperti : Arsip, Recent Post, Kategori, popular Artikel, dll yang berfungsi agar mempermudah pengunjung blog sobat untuk membuka setiap halaman post yang sobat buat. Dengan begitu waktu berkunjungnya akan sedikit lama karena merasa nyaman bisa menemukan dan berpetualang di blog sobat dengan mudah, sehingga bisa meningkatkan SERP dan menurunkan nilai Alexa Rank Anda.
4. Buang widget yang gak penting didalam blog sobat , karena dengan sedikit gadget maka loading sebuah blog akan berjalan lebih cepat.

0 komentar:

Posting Komentar